0%

LAWAN HOAX, PWI KABUPATEN TANGERANG AUDIENSI DENGAN KAPOLRESTA

Posted By: Dimas On:


Maraknya berita hoax di media sosial (medsos) yang meresahkan masyarakat, membuat semua kalangan ikut bicara, termasuk insan pers di bawah organisasi PWI Kabupaten Tangerang, yang langsung melakukan audiensi dengan Kapolserta Tangerang, di Mapolresta Tangerang, Tigaraksa, pada Jumat lalu 24 Maret 2017. Audiensi antara organisasi kewartawanan dengan Kapolresta itu, untuk memerangi berita hoax yang semakin merajalela di tengah masyarakat.

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol.Asep Edi Suheri mengatakan, Fenomena Hoax saat ini sedang marak dan akibat hoax, banyak warga yang belum tentu bersalah menjadi korban, ada juga warga yang dihakimi massa sampai meninggal gara-gara dicurigai sebagai penculik.

“Warga diimbau melakukan konfirmasi atau tabayun. Caranya bisa dengan menghubungi kepolisian atau tokoh agama seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia)” ujarnya, Jumat lalu 24 Maret 2017.

Kabar hoax yang beredar di media sosial, jelas Kapolres, menyebabkan beberapa kericuhan karena warga kurang waspada menggunakan media sosial. Padahal, informasi itu adalah informasi palsu atau hoax.

“Konten semacam itu yang berisi ujaran kebencian, provokasi, atau hal negatif lainnya ada ancaman pidananya. Kita ini kan punya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Warga harus tahu soal Undang-Undang itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sangki Wahyudin mengatakan, keberadaan hoax harus menjadi perhatian insan jurnalis. Berita hoax, jelas Sangki, bisa merugikan kaum jurnalis karena bisa saja hoax mencatut nama wartawan atau media tertentu. Menurut Sangki, jurnalis harus memberikan edukasi agar warga menjadi komponen yang melek informasi dan memiliki nalar kritis dalam mencerna tujuan dari disampaikannya informasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 3 =

SHARE


Expand
Play Cover Track Title
Track Authors